A. KLASIFIKASI MENURUT PARA AHLI
1. Klasifikasi Menurut Hamijaya
Santoso S. Hamijaya, mengklasifikasikan media pendidikan yang dikaitkan dengan teknologi pendidikan menurut penggunaannya, yaitu:
a. Media dan teknologi pendidikan yang penggunaannya secara masal, yaitu sebagai berikut:
i. Televisi
ii. Film dan Slide
iii. Radio
b. Media dan teknologi pendidikan yang metode penggunaannya secara individual, misalnya:
i. Kelas dan laboratorium elektronik
ii. Alat-alat otoinstruktif
iii. Kotak unit instruksional
c. Media dan teknologi pendidikan yang penggunaannya secara konvensional
d. Media dan teknologi pendidikan pada pendidikan modern, berupa:
i. Ruang kelas otomatis
ii. Sistem proyeksi berganda
iii. System interkomunikasi
2. Klasifikasi Menurut Gerlack dan Ely
Media dibagi menjadi 5 kategori umum menurut sifat benda, yaitu:
a. Benda-benda asli dan manusia
b. Gambar-gambar dan gambar yang disorot
c. Benda-benada yang didengar
d. Benda-benda cetakan
e. Benda-benda yang dipamerkan
3. Klasifikasi Menurut Edgar Dale
Mengklasifikasikan media instruksional edukatif berdasarkan pengalaman belajar peserta didik, yaitu dari yang bersifat konkret sampai yang bersifat abstrak. Pengalaman-pengalaman itu meliputi:
a. Pengalaman melalui lambang kata/verbal
b. Pengalaman melalui lambing visual
c. Pengalaman melalui gambar
d. Pengalaman melalui rekaman, radio, gambar
e. Pengalaman melalui gambar hidup
f. Pengalaman melalui televisi
g. Pengalaman melalui pameran
h. Pengalaman melalui wid wisata
i. Pengalaman melalui kegiatan demonstrasi
4. Klasifikasi Menurut Rudy Bretz
Mengelompokkan media kedalam 7 kelas yaitu:
a. Media Audio-Motion-visual
b. Media Audio-skill-visual
c. Media audio-seminotion
d. Media motion-visual
e. Media skill-visual
f. Media audio
g. Media yang hanya mampu menampilkan informasi berupa symbol-simbol tertentu saja.
5. Klasifikasi Menurut Duncan
Lingkup Sasaran Luas | Personal Kelompok realita Reproduksi (Rekaman) | Manuskrip, Diktat, bibliografi, referensi, duplikat, gambar Pameran dinding, (termasuk papan tulis), specimen, model Epidiaskop, buku teks, buku kerja, lembaran teks terprogram | Penggunaan mudah | |||||||||
Bersifat Umum | Reproduksi (Rekaman) Kelompok reproduksi (rekaman) | Pita Audio, cakram (piringan) rekaman, laboratorium bahasa (audio) Film bingkai, film rangkai, OHP, tutorial, audiovisual, laboratorium bahasa yang diperkaya, stereogram dan system proyeksi dengan polarisasi | Pengasaan mudah | |||||||||
Pengadaan sukar | Kelompok Reproduksi (Rekaman) | Film bisu, film gelang, film dengan suara magnetic, dan film dengan suara optic (built-in) | Bersifat lebih Spesifik | |||||||||
Biaya Investasi tinggi | Teks terprogram dengan peralatan, radio vision, TV Siaran terbatas (CCTV), system respon(sasaran), program siaran TVST langsung (live), system pembelajaran dengan computer, siaran audio dan siaran TV, | Biaya Murah |
6. Klasifikasi Menurut Briggs
Briggs mengoidentifikasi 13 macam media yaitu:
a. Objek
b. Model
c. Suara langsung
d. Rekaman audio
e. Media cetak
f. Pembelajaran terprogram
g. Papan tulis
h. Media transparnsi
i. Film rangkai
j. Film bingkai
k. Film
l. Televisi
m. Gambar
7. Klasifikasi Menurut Gagne
Gagne membuat 7 pengelompokan media, yaitu:
a. Benda untuk didemonstrasikan
b. Komunikasi lisan
c. Media cetak
d. Gambar diam
e. Gambar gerak
f. Film bersuara
g. Mesin belajar
B. JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA
1. Media Grafis
Media grafis adalah semua media yang mengandung grafis (tulisan dan gambar)
Jenis-jenis media grafis antara lain:
a. Media bagan, yaitu penyajian diagramatik suatu lambing visual
b. Media grafik, adalah media yang membuat penyajian perlakuan data-data bilangan secara diagramatik
c. Media gambar, adalah media yang merupakan reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi, yang berupa foto atau lukisan
d. Media komik, media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami dan lebih bersifat personal
Sumber :
Sadiman, S Arief dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar