Rabu, 13 April 2011

TEKNIK PERANCANGAN DAN STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN

 
1.        Teknik / Prosedur Perancangan Media Pendidikan
A.       Prosedur Pemilihan dengan Model ASSURE
1)         Analisis karakter siswa (analysis leaner character)
Yaitu menganalisis karakter umum kelompok sasaran, apakah mereka siswa sekolah lanjutan atau perguruan tinggi, anggota organisasi pemuda, perusahaan, usia, jenis kelamin, latar belakang, budaya, dan sosial ekonomi, serta mengorganilisis karakteristik khusus mereka yang meliputiantara lain pengetahuan, keterampilan dan sikap awal mereka
2)         Tujuan pembelajaran (state of objective)
Yaitu menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu perilaku atau kemampuan baru(pengetahuan keterampilan atau sikap) yang diharapkan siswa miliki dan kuasai setelah proses belajar mengajar selesai.
3)        Memilih, merancang, atau memodifikasi yang sudah ada (select, modity or designmaterials)
Yaitu apabila materi dan media pembelajaran yang telah tersedia akan dapat mencapi tujuan,materi dan media itu sebaiknya digunakan untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya.disamping itu, perlu pula perhatian apakan materi dan media itu akan mampu membangkitkanminat siswa. memiliki ketepatan informasi, memiliki kualitas yang baik, memberikankesempatan bagi siswa yntuk berpartisipasi, setelah terbukti efektif. jika pernah diuji cobakan,dan menyiapkan petunjuk untuk berdiskusi kegiatan follow up.
4)         Uji coba media (utilize materials)
Yaitu setelah memilih materi dan media yang tepat, diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu diperlukan untuk menggunakannya. disamping praktik dan latihanmenggunakannya, persiapan ruangan juga diperlukan.
5)         Meminta respon siswa (require leaner response)
Yaitu baru sebaiknya mendorong siswa untuk memberikan respons dan umpan balik mengenaikeaktifan proses belajar mengajar. respons siswa dapat bermacam-macam, seperti : mengulangifakta, mengemukakan ikhisar atau rangkuman informasi atau pelajaran, atau menganalisisalternatif pemecahan masalah atau kasis. dengan demikian siswa akan menempatkan partisipasiyang lebih besar.
6)         Evaluasi (evaluate)
Yaitu tujuan utama evaluasi di sini adalah untuk mengetahui tingat pencapaian siswa mengenaitujuan pembelajaran, keefektivitas media, pendekatan, dan guru sendiri.

B.        Prosedur Pemilihan Model ANDERSON
Anderson membagi media dalam 10 kelompok, yaitu:
1)        Media audio
2)        Media cetak
3)        Media cetak bersuara
4)        Media proyeksi diam
5)        Media proyeksi dengan suara
6)        Media visual gerak
7)        Media audio visual gerak
8)        Objek
9)        Sumber manusia dalam lingkaran
10)    Media computer

2.        Strategi Penggunaan Media Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar
Dengan menentukan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang yang di harapkantercapai. Menurut hall & Jeans membagi kompetensi menjadi:
a.    Kompetensi kognitif: yaitu nilai, sikap, minat, dan apresiasi
b.    Kompetensi penampilan yaitu demonstrasi keterampilan
c.    Kompetensi produk/ konsekuensi yang menyangkut keterampilan melakukan perubahan pada pihak lain
d.   Kompetensi eksprotif menyangkut pemberian pengalaman untuk masa depan.

Select modly or design materials, yaitu kegiatan memilih media, memodifikasi media yang sudah ada ataumemang sesuai dengan kebutuhan.
Utilized materials ( uji coba media), yaitu dengan menguji coba media terlebih dahulu dengan mengerjakan waktu yang cukup 10 menit untuk persiapan dan pemasangan media.
Reguire leraner respons, yaitu mengamati respon siswa terhadap penggunaan media tersebut, sasaran akhir dalam pembuatan media hendaknya dapat di pahami dan di mengerti siswa.


            Sumber : www.scribd.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar